Minggu, 19 Mei 2013

Khasiat Dan Manfaat Buah

Diposkan oleh yeoja manis, anak K-popers Unknown di 5/19/2013
 Halo Semuanya..
Kali ini Cycy akan share tentang buah - buah yang bermanfaat dan berkhasiat.
Check It Out!
: D

1.  Alpokat (Persea gratissima Gaertn)


  • Bagian Yang digunakan sebagai obat : 
          Buah dan daun
  • Khasiat dan Manfaat :
          Mengobati sariawan, melembabkan kulit kering, mengobati kencing batu, sakit kepala, darah tinggi, nyeri saraf, nyeri lambung, saluran pernapasan bengkak, sakit gigi, dan menstruasi tidak teratur

  •  Cara Penggunaan :
  1.  4 lembar daun alpokat, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari gula enau, dicuci lalu direbus dengan 3 gels air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum. Sehari 3 x 3/4 gelas.
  2. 3 lembar daun alpokat dicuci bersih lalu diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin diminum sekaligus 
 2. Jambu Biji (Psidium guajava)



  • Bagian yang digunakan :
          Buah dan daun
  • Khasiat dan Manfaat:
         Mengobati maag, diabetes melitus, masuk angin, prolapsisani, sariawan, luka baru, dan sakit kulit.
  • Cara pemakaian:
  1. Bahan : 1 buah jambu biji setengah masak dibelah menjadi 4 bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya dan diminum 2 kali sehari, pagi, dan sore
  2. Bahan : 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

3. Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia)       


  • Bagian yang digunakan:
          Buah
  • Khasiat dan Manfaat :
           Mengobati amandel, malaria, ambeien, sesak nafas, influenza, batuk, sakit panas, sembelit, terlambat haid, perut mules saat  haid, disentri, perut mual, lelah, bau badan, dan keriput wajah.
  •  Cara mengobati:
  1.  1 buah jeruk nipis, 1 1/2 rimpang kunyit sebesar ibu jari diparut dan 2 sendok makan madu, jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kunyit diparut, dan diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan madu dengan ditambah 1/2 gelas air, diaduk sampai merata, dan disaring, diminum 2 hari sekali secara teratur.
  2.  1 buah jeruk nipis, 1 sendok makan kecap, garam secukupya, jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan bahan lainnya dan disaring, diminum tiap pagi menjelang sarapan.


4. Delima ( Punica granatum L)
  •   Bagian yang digunakan :
             kulit kayu, kulit akar, kulit buah, daun, biji dan bunganya.

  •   Khasiat dan Manfaat :
            Tanaman ini mengobati sakit perut, disentri, amuba, diare kronis, wasir bedarah, muntah darah, batuk darah, perdarahan rahim, radang telinga, keputihan, dan cacingan.
  • Cara pemakaian :
          Untuk obat yang diminum, rebus kulit akar atau kulit kayu yang telah dikeringkan (7 g) atau rebus kulit buah (10-15 g). Makan buahnya (1 buah) atau dibuat jus. Bisa dicampur dengan jus wortel. Untuk pemakaian luar, rebus kulit buah atau kulit akar, lalu gunakan airnya setelah dingin untuk kumur - kumur pada rahang gusi, sakit tenggorok, luka tersiram air panas, infeksi jamur kaki, atau disemprotkan ke liang kemaluan (vagina) pada keputihan.

5. Apel (Pyrus malus)


  • Bagian yang digunakan :
          biji dan buah
  •  Khasiat dan Manfaat:
            Mengobati kencing manis, dan Diare
  • Cara pemakaian :
          
  1.  Obat kencing manis:
 1 biji buah apel beukuran sedang. Dibelah menjadi 4 bagian dan direbus dengan 3-4 gelas sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas. DIminum pagi-sore, dan dilakukan secara rutin.
    2.  Diare:
Buah apel yang belum begitu masak dimakan biasa.

Itulah buah - buah yang dapat mengobati penyakit dari yang ringan ampe berbahaya sekalipun. Tuhan pasti memberikan solusi bagi kita. Jadi walaupun kita sakit apapun pasti ada obatnya karena Tuhan sudah memberikan obatnya.
Sekian
Cycy
:D

0 komentar:

Posting Komentar

Udah liat, kan postingan Cycy. Jadi jangan lupa comment ea. Ga minta uang kok. Hanya minta comentnya aja. Ok??
:D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Nancy Veronica's World (๑‵●‿●‵๑) Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea