Senin, 26 Agustus 2013

Contoh Artikel Tentang Pendidikan Moral di Sekolah

Diposkan oleh yeoja manis, anak K-popers Unknown di 8/26/2013


1    Halo semua.. Kali ini Cycy akan belajar. #Lho?? Kali ini Cycy akan menshare urutan - urutan membuat artikel yang baik dan benar.. #SongongLuCy.. Dari pada lama - lama mending Cycy share artikel buatan Cycy sendiri tentang Pendidikan Moral di Sekolah 


 
.      Judul                           : Budayakan Pendidikan Moral di Sekolah

2.      Nama Penulis             : Nancy Veronica

3.      Pendahuluan               :
Maraknya penggunaan teknologi pada zaman sekarang ini sangat mempengaruhi kepribadian siswa. Memang teknologi sangat kita butuhkan. Misalnya handphone dan internet yang kita gunakan untuk berkomunikasi. Apabila digunakan dengan benar memang teknologi akan berdampak baik bagi kita. Namun bagaimana dengan kasus – kasus pelajar sekarang yang menggunakan teknologi misalnya internet untuk mengakses situs – situs yang seharusnya belum boleh dibuka? Disinilah peran pendidikan moral yang harus ditanamkan di dalam diri pelajar. Pendidikan moral di sekolah diberikan oleh guru yaitu guru Agama, guru Pkn dan guru Bimbingan Konseling.


4.      Permasalahan              :
·         Pelajar – pelajar menggunakan teknologi untuk membuka situs – situs yang dilarang.
·         Pelajar menganggap pendidikan moral bukanlah pelajaran yang penting.
·         Guru yang tidak memberikan contoh dengan baik sehingga pelajar menirunya dan membuat pelajar memiliki akhlak yang buruk.
·         Pendidikan moral memiliki jam pelajaran yang sangat sedikit.

5.      Perumusan Masalah    :          
·         Guru memberikan nasehat kepada pelajar agar menggunakan teknologi yang sebaik – baiknya. Menggunakan teknologi untuk kepentingan pendidikan  dan komunikasi. Guru juga memotivasi murid – muridnya dalam hal mengejar cita – cita mereka.
·         Pelajaran pendidikan moral harus merupakan pelajaran yang sangat penting karena menyangkut moral dan akhlak pelajar tersebut. Guru harus bisa meyakinkan bahwa pendidikan moral merupakan pelajaran yang harus ditingkatkan dalam kehidupan demi masa depan pelajar tersebut. Misalnya, guru dapat mengajak murid ke panti asuhan dan saling berbagi kepada sesama.
·         Guru yang baik bisa memberikan contoh kepada murid – muridnya. Dengan memberikan contoh yang baik alhasil murid – muridnya akan mengikuti perilaku dan tingkah laku guru tersebut.
·         Jam pelajaran pendidikan moral seharusnya lebih diperbanyak. Karena hal ini mengangkut moral dan kepribadian pelajar

6.      Kesimpulan                  :           

Pendidikan moral merupakan pendidikan yang wajib diberikan kepada pelajar, terutama pelajar SMA. Karena dimasa – masa itulah pelajar mengalami masa – masa puber yang sering mencari jati dirinya. Jika pelajar diberikan pendidikan agama, moral yang baik, pelajar pasti memiliki akhlak yang baik dan memiliki iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa

7.      Saran                   :
           Sebagai generasi muda, para pelajar harus meningkatkan pendidikan moralnya. Mengingat bagaimana kondisi moral pelajar zaman sekarang. Kita boleh menggunakan teknologi, namun gunakanlah sewajarnya. Jangan membuka hal – hal yang dilarang agama. Meningkatkan iman kepada Tuhan akan membawa kita ke dalam hal yang baik. Pelajaran moral di sekolah juga harus kita senangi. Karena pelajaran inilah yang mampu mengubah perilaku kita menjadi lebih baik lagi. Kita harus membudayakan pelajaran moral demi masa depan kita. 

8.      Identitas penulis    :
Siswi SMAN 4 Pekanbaru, kelas XI IPA 1.


Artikel                 :


Budayakan Pendidikan Moral di Sekolah
Oleh: Nancy Veronica
Siswi SMAN 4 Pekanbaru, kelas XI IPA 1

Maraknya penggunaan teknologi pada zaman sekarang ini sangat mempengaruhi kepribadian siswa. Memang teknologi sangat kita butuhkan. Misalnya handphone dan internet yang kita gunakan untuk berkomunikasi. Apabila digunakan dengan benar memang teknologi akan berdampak baik bagi kita. Namun bagaimana dengan kasus – kasus pelajar sekarang yang menggunakan teknologi misalnya internet untuk mengakses situs – situs yang seharusnya belum boleh dibuka? Disinilah peran pendidikan moral yang harus ditanamkan di dalam diri pelajar. Pendidikan moral di sekolah diberikan oleh guru yaitu guru Agama, guru Pkn dan guru Bimbingan Konseling.

Namun bagaimana jika pelajar mengganggap pendidikan moral bukanlah pelajaran yang penting? Bahkan memberikan cap bahwa pelajaran pendidikan moral hanyalah sebatas pelajaran tambahan yang membosankan dan hanya nasehat – nasehat usang yang diberikan pelajaran itu. Pelajar mengganggap hal yang paling penting sekarang adalah penggunaan teknologi, pendidikan sains dan lain – lain. Pelajar menjadi tidak memperdulikan akhlak dan malah lebih asyik memilih teknologi daripada moralnya.  

Penulis mengutip pendapat Marvin Berkowitz (1998) yang mengatakan bahwa kebanyakan pendidikan moral yang dilakukan di sekolah-sekolah tidak pernah memperhatikan bagaimana pendidikan itu dapat berdampak terhadap perubahan perilaku. Contohnya, seorang guru yang hanya memberikan nasehat kepada siswa – siswinya tapi tidak memberikan contoh sikap yang bermoral. Bagaimana dengan muridnya jika gurunya tidak bisa memberi contoh? 

Dan kalau kita melihat sekolah – sekolah zaman sekarang, pendidikan moral sering menjadi mata pelajaran yang memiliki jam pelajaran sangat sedikit. Misalnya pelajaran Bimbingan Konseling, di dalam seminggu pelajaran tersebut mungkin hanya 45 menit. Bagaimana dengan moral siswa jika pendidikan moral sangat sedikit diberikan kepada siswa? Ditambah lagi faktor teknologi yang canggih seperti yang disebut di atas makin memperparah moral pelajar. 

            Dari masalah – masalah diatas kita dapat melihat bahwa pendidikan moral memanglah sangat penting dalam menyelesaikan masalah diatas. Pendidikan moral di sekolah dapat mendidik pelajar yang menggunakan teknologi dengan salah. Guru dapat mengajar murid – muridnya dan mendidik dengan baik, memberikan contoh yang baik. Guru juga memberikan dampak buruk dari penyalahgunaan teknologi. Tugas guru yang mengajar pendidikan moral juga yaitu, memberitahu tentang iman dan takwa kepada Tuhan. Mengajarkan bahwa menggunakan teknologi boleh, asalkan menggunakannya dalam hal yang baik. Selain itu guru juga memotivasi para pelajar agar lebih semangat mengejar cita – cita. Hal ini dapat membuat pelajar meninggalkan tindakannya dalam penyalahgunaan teknologi. Guru juga mendampingi murid – muridnya sehingga pelajar merasa nyaman dan melupakan serta serius dalam mengejar cita – citanya.

            Kemudian, bagaimana dengan pelajar yang menganggap bahwa pendidikan moral adalah pelajaran yang usang dan basi? Disinilah guru membudayakan pendidikan moral itu. Tidak selamanya guru mengajar di dalam kelas. Ada kalanya guru dapat membawa murid ke luar kelas untuk belajar. Agar pelajar tidak menganggap bahwa pendidikan moral hanyalah pelajaran yang usang dan basi, guru dapat membawa mereka ke tempat – tempat yang dapat diambil sisi meningkatkan moral yang baik. Misalnya dengan membawa ke panti asuhan agar para pelajar dapat bersyukur kepada Tuhan masih diberi kesempatan memiliki keluarga yang baik. Kemudian membawa pelajar ke rumah sakit tempat pasien terserang HIV/AIDS. Pelajar dapat melihat bahwa pergaulan bebas dapat menyebabkan HIV/AIDS sehingga mereka dapat mengurangi penyalahgunaan teknologi. Banyak cara yang dapat dilakukan guru agar meningkatkan dan membudayakan pendidikan moral di sekolah. 

Tidak semua guru dapat menjadi panutan pelajar. Hal ini juga dapat mendorong pelajar malas mempelajari pendidikan moral. Misalnya, seorang guru yang  terlambat masuk ke dalam kelas. Padahal guru seharusnya memberikan contoh yang  baik sehingga siswa – siswinya dapat meniru gurunya. Seperti pepatah yang mengatakan “Apa yang  kamu tanam, itu yang akan kamu tuai.” Jika guru memberikan nasehat dan contoh yang baik maka siswa – siswinya menjadi siswa – siswi yang berakhlak baik. Jadi, guru harus memberikan contoh yang baik sehingga pelajar memiliki akhlak yang mulia. Dari contoh guru tidak terlambat masuk kelas, pelajar juga pasti berusaha mengikuti gurunya. Karena guru adalah panutan murid.

Kita telah melihat betapa pentingnya pelajaran pendidikan moral di sekolah. Namun, bagaimana jika waktu belajarnya sedikit? Tentu juga dapat mempengaruhi moral pelajar. Sebaiknya pelajaran pendidikan moral harus lebih diperbanyak. Apalagi pendidikan moral merupakan pendidikan yang berhubungan dengan tingkah laku seseorang. Sekolah harus lebih membudayakan pendidikan yang satu ini. Demi akhlak yang baik dan masa depan bagi pelajar – pelajar. 

            Untuk para pelajar, sebagai generasi muda, pelajar harus meningkatkan pendidikan moralnya. Mengingat bagaimana kondisi moral pelajar zaman sekarang. Kita boleh menggunakan teknologi, namun gunakanlah sewajarnya. Jangan membuka hal – hal yang dilarang agama. Meningkatkan iman kepada Tuhan akan membawa kita ke dalam hal yang baik. Pelajaran moral di sekolah juga harus kita senangi. Karena pelajaran inilah yang mampu mengubah perilaku kita menjadi lebih baik lagi. Kita harus membudayakan pelajaran moral demi masa depan kita.          


Gimana bagus ga artikelnya??
#Readers : Ga..
o.O

17 komentar:

  1. hi Nancy, may i call you like that?
    that is a good article, thank you very much for sharing to us. FYI i am a Kpoper too. kkkk. glad to see you Nancy.

    BalasHapus
  2. Its awesome! You've helped me a lot. I was depressed cuz all of these tasks and you were just like an angel fell from heaven. Is it too much? well, thanks again!! YOU ROCK!

    BalasHapus
  3. Makasih artikelnya teh mau kopas :D

    BalasHapus
  4. good (y) makasih, sudah memberi gambaran bagaimana membuat artikel yang baik ;) gutlak nancy :D

    BalasHapus
  5. Mkasih... sangat membantuu.. btw aku juga orang pekanbaru..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terima kasih banyak ya. Salam kenal juga

      Hapus
  6. SMAN 5 Yogyakarta pengajarannya mengedepankan moral lhooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik tuh. :D
      Soalnya banyak sekolah sekarang kurang memperhatikan pendidikan moral

      Hapus
  7. Aplikasi Jadwal Pelajaran saya sangat setuju dengan artikel diatas, bahwa sekolah sebagai tempat belajar mengajar harus mengajarkan moral kepada anak bangsa

    BalasHapus
  8. Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaPelangi.com
    Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^

    Kami Hadirkan 7 Permainan 100% FairPlay :

    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online

    Fasilitas BANK yang di sediakan :

    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Ayo buktikan sendiri dan menangkan jutaan rupiah

    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami
    -BBM : 2AE190C9
    -Loginsite : Legendapelangi.com

    BalasHapus
  9. Kami Segenap Staff pokermulia.net Mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1439H MOHON MAAF LAHIR & BATIN
    Di Hari Yang Berkah Kami Ingin Memperkenalkan Anda Situs Judi Online Terpercaya Yaitu WWW.POKERMULIA.INFO
    Pastinya Anda Mendapatkan Kemenangan Yang Sangat Mudah Di pokermulia.net ^^
    Hanya Dengan MINIMAL DEPOSIT Anda Bisa Mendapatkan HASIL MAKSIMAL
    INGIN JADI JUTAWAN? WUJUDKAN JAWABAN ANDA DI pokermulia.net
    CARA MUDAH UNTUK BERGABUNG DI pokermulia.net :
    * DAFTAR
    * DEPOSIT
    * BERMAIN
    * MENANG
    * WITHDRAW
    Dapatkan Fasilitas Termewah Di pokermulia.net:
    * Min Deposit & Withdraw Terjangkau (20RIBU)
    * Proses Deposit & Withdraw TERCEPAT, TERMUDAH & TERPERCAYA PASTI nya
    * Di Layani CS Cantik & Ramah NON STOP! ( 24JAM )
    * Sistem Fairplay 100% ( NO ROBOT)
    * Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    * Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    pokermulia.info Juga Menyediakan BONUS SPECIAL :"
    * BONUS ROLLINGAN TERBESAR ( DI BAGIKAN Setiap hari Senin)
    * BONUS REFFERAL SEUMUR HIDUP ( DIBAGIKAN seminggu sekali.yaitu setiap hari kamis )
    Dengan 1 User ID Anda Bisa Menikmati 7GAMES Dari pokermulia.net:
    * ceme
    * ceme keliling
    * super ten
    * POKER
    * Capsa
    * omaha
    * domino
    DI SUPPORT 5 BANK INDONESIA :
    * BCA
    * BRI
    * BNI
    * MANDIRI
    * DANAMON
    Buruan Gabung Sekarang Juga Bersama Kami, Dan Dapatkan Kemenangan Yang Berlimpah Di pokermulia.net
    CONTACT PERSON:
    BBM : D3F98F26
    LINE: POKERMULIA
    WA : +85593842699
    Come & Join Us

    BalasHapus

Udah liat, kan postingan Cycy. Jadi jangan lupa comment ea. Ga minta uang kok. Hanya minta comentnya aja. Ok??
:D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Nancy Veronica's World (๑‵●‿●‵๑) Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea